10 Pemain Esports dari Indonesia dan Berapa Penghasilannya

  • by

Pada tahun 2020 ini, para bintang-bintang esports mungkin sudah sangat kesulitan untuk mendapatkan uang tunai. Tidak seperti satu dekade lalu dimana para pemain pro berjuang untuk mendapatkan jumlah dana yang sangat sedikit sekali, saat ini para pemain bertarung untuk hadiah jutaan dolar setiap tahunnya. Pada tahun 2019 sendiri aja sudah lebih dari 215 juta dolar diberikan di lebih dari 4.600 turnamen. Sedangkan bila dibandingkan dengan tahun 2012, hanya tercatat sebanyak 13,8 juta dolar yang diberikan, dikutip dari Esports Earnings. Saat ini juga banyak situs sportsbook online yang menawarkan pasaran esports karena peminat yang semakin banyak.

Mungkin tidak banyak yang tahu kalau di Indonesia sendiri ada banyak pemain esports dengan penghasilan tertinggi, berikut kami susun berdasarkan peringkat dari situs esportsearnings.com dan berurut dari terbawah hingga teratas.

  1. Alfi “Khezcute” Nelphyana ($ 38.414)

Alfi adalah pemain profesional Dota 2 yang saat ini merupakan kapten dari BOOM Esports (sebelumnya dikenal dengan BOOM ID). Berada di ranking 3084 dari seluruh dunia, Alfi telah mengikuti 15 turnamen hingga saat ini.

10 Pemain Esports Indonesia dengan Penghasilan Tertinggi
  1. Randy Muhammad “Dreamocel” Sapoetra ($ 39.914)

Sama seperti Alfi, Randy juga berasal dari tim BOOM Esports dan merupakan pemain pro Dota 2. Randy memberikan tips untuk menjadi pemain pro esports tidak cukup hanya kemampuan dan strategi permainan yang dimiliki, badan yang fit dan sehat secara fisik dan mental sangatlah penting. 

10 Pemain Esports Indonesia dengan Penghasilan Tertinggi
  1. Muhammad “Inyourdream” Rizky Anugrah ($ 44.703,26)

Gamer ini memang sangat terkenal di kalangan pemain Dota 2. Dia tercatat sebagai pemain pertama yang mampu meraih poin 9000 MMR di server Asia Tenggara. Ini dibuktikannya dengan menjadi pemenang pertama dalam turnamen ASUS ROG MASTERS Indonesia dan IPGL di tahun 2017 bersama timnya BOOM ID saat itu. Saat ini Rizky bermain untuk tim T1.

  1. Nizar “MiCROBOY” Lugatio ($ 56.025)

Nizar merupakan pemain mobile PUBG dari Bigetron Esports. Nizar beserta tiga rekannya di tim Bigetron Red Aliens (RA) memenangkan kejuaraan dunia PUBG Mobile Club Open (PMCO) 2019 Musim Gugur yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia. Mereka membawa pulang hadiah uang sebesar US$ 180.000 atau setara dengan Rp 2,5 miliar.

Permainan Moba Terbaik yang bisa dimainkan di Android dan iOS

  1. Kenny “Xepher” Deo ($ 57.583,71)

Kenny merupakan pemain pro Dota 2 dan saat ini bermain untuk tim Geek Fam. Pada awal tahun ini, mereka baru saja meraih peringkat ketiga di Weplay! Bukovel Minor 2020. Dilanjutkan dengan masuk kualifikasi di ESL One Los Angeles 2020 dan hingga saat ini turnamen tersebut masih berlangsung.

  1. Kevin “xccurate” Susanto ($ 71.340,68)

Kevin merupakan pemain pro Counter-Strike: Global Offensive. Saat ini dia bermain untuk tim Asia, Big Time Regal Gaming. Dia adalah kakak dari f0rsakeN yang juga merupakan pemain Counter-Strike yang masih berusia 15 tahun.

10 Pemain Esports Indonesia dengan Penghasilan Tertinggi
  1. Muhammad “Ryzen” Albi ($ 79.595,66)

Pemain kelahiran tahun 2002 ini juga merupakan pemain mobile PUBG dari Bigetron Esports. Bersama dengan timnya termasuk MiCROBOY, telah menang di kejuaraan dunia PMCO.

  1. Made Bagas “Zuxxy” Pramudita ($ 83.448,64)

Zuxxy juga merupakan pemain mobile PUBG dari Bigetron Esports. Dengan usianya yang baru 16 tahun, dia dan juga Luxxy merupakan pemain di bawah umur pertama dalam sejarah PUBG Mobile Esports.

zuxxy luxxy
  1. Made Bagus “Luxxy” Prabaswara ($ 83.448,64)

Bagi yang tidak tahu, Luxxy dan Zuxxy adalah saudara kembar dengan Luxxy merupakan adik dari Zuxxy. Keduanya bermain untuk Bigetron Esports.

  1. Hansel “BnTeT” Ferdinand ($ 147.374,71)

Hansel bisa dibilang sebagai “dewanya” CS:GO Indonesia juga bisa dibilang yang terbaik se-Asia. Saat ini dia bermain di tim Amerika Utara, Gen.G Esports. Sebelumnya dia bergabung dengan tim TyLoo dan sukses menjadi juara dalam turnamen World Cyber Arena 2017. Selanjutnya dia juga sukses bersama tim Recca dan menjadi pemenang pertama di turnamen ZEN Esports Network League 2017. Jadi tidak perlu heran kalau pendapatan dia seorang yang jauh melambung tinggi daripada yang lain.

bntet