10 Tips latihan Bulu Tangkis untuk pemula

  • by

Bulu Tangkis, olahraga satu ini cukup populer di Indonesia, tentu saja masih ingat dengan legenda-legenda bulu tangkis Indonesia seperti Susi Susanti, Alan Budikusuma, Rudi Hartono, Liem Swie King, Christian Hadinata, Rexy Mainaky-Ricky Subagja, Taufik Hidayat dan yang lagi fenomenal dengan generasi milenial sekarang yaitu Kevin Sanjaya dan Liliyana Natsir. Mereka lah yang mampu membawa bendera Indonesia berkibar di dunia internasional. 

Nah, sama seperti olahraga, Bulu Tangkis pun harus melakukan peremajaan, supaya bisa terus mencetak atlet bertalenta, tapi sebelum mau jadi atlet kenamaan seperti mereka, tentu saja latihan dasar juga sangat penting. Yuk simak sepuluh tips bagi pemula yang harus dikuasain atau dilatih :

10 Tips latihan Bulu Tangkis untuk pemula

1. Fisik atau Daya Tahan

Lari dan aerobik penting untuk dilakukan, karena stamina dalam Bulu Tangkis sangatlah penting, sehingga Anda bisa bertahan dengan pertandingan yang panjang dan tidak mudah kelelahan.

2. Kecepatan

Kecepatan atau kelincahan dalam olahraga Bulu Tangkis salah satu faktor penting, dengan melakukan lari bolak-balik, sprint, lari jarak enam meter dan jongkong berdiri pun akan melatih otot kaki Anda supaya dapat mengikuti ritme permainan yang cepat.

Tips dan Cara bermain di Judi Sports Online

3. Strength atau kekuatan

Latihan kekuatan dalam Bulu Tangkis bisa dilakukan seperti meloncat ke samping, depan dan belakang, melangkah lebar atau berlatih memukul sambil lompat. Kemudian melatih beban tubuh dan otot-otot seperti Sit up, Push up, back up, loncat di tempat dengan menggunakan tali dan squat jump untuk memperkuat lutut Anda. 

4. Fleksibilitas

Melatih kelenturan dalam Bulu Tangkis juga menjadi syarat penting untuk menjadi atlet hebat, kelenturan dalam bulu tangkis bisa dengan melatih otot yang dikontraksi isometrik, serta tehnik kontraksi relaksasi dengan otot agonis dilatih dengan aktif, juga harus menguasai tehnik hold relax swing yaitu peregangan otot yang isometrik dan statis.

5. Teknik Servis 

Melatih pukulan servis dalam bulu tangkis, servis dalam bulu tangkis pun memiliki banyak jenis seperti teknik deep singles service, doubles services, servis flick service dan drive services. Asah terus kemampuan service Anda dan temukan mana yang paling cocok dengan gaya bermain Anda.

6. Teknik Pukulan

Dalam Bulu Tangkis ada banyak teknik pukulan seperti net drop, smash, pukulan mendatar atau drive, pukulan overhead lob dan underhand lob. Setiap jenis pukulan memiliki tingkat kesulitan tersendiri dan sangat penting untuk menguasai teknik dasarnya. 

7. Teknik Grip

Melatih grip atau cara Anda memegang raket bulu tangkis dengan baik dan benar. Teknik grip pun memiliki beberapa cara, grip Ameerika sangat cocok untuk melakukan pukulan forehand dengan kuat dan keras, backhand untuk memaksimalkan pukulan belang. Kemudian ada grip Inggris dimana Anda bisa melakukan backhand dan forehand dengan rileks dan bebas. Menguasai dua teknik ini sangat penting untuk bisa mengontrol pertandingan.

Referensikan Teman Di 7lux dan dapatkan LEBIH BANYAK PEMENANG !!

8. Teknik kaki

Teknik kaki dalam bulu tangkis biasa disebut Foot Work, teknik ini memerlukan latihan kaki dengan fokus pada cara melangkah, langkah berturut-turut, langkah bergantian dan lompat. Dengan menguasai teknik ini Anda bisa dengan mudahnya memukul kok dengan mudah dan bisa kembali ke posisi awal sehingga lawan kesulitan menebak atau melakukan pukulan counter.

9. Teknik siaga

Teknik kuda-kuda untuk bereaksi terhadap pukulan lawan, biasanya dilakukan dengan dengan kaki sejajar dan selebar bahu, posisi badan agak rendah dan berat badan berpusat di telapak kaki dengan sedikit menekuk lutut. Dengan melatih teknik kuda-kuda ini akan meningkatkan efektifitas permainan Anda.

10. Teknik memukul kok 

Menguasai memukul kok tentu saja sangat penting, teknik ini bisa dimulai dengan latihan memukul kok berulang-ulang dengan raket diarahkan ke depan badan kemudian bisa dikombinasikan dengan memukul kok sambil berjalan maju mundur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.